Jumat, 18 Februari 2011

Filled Under:

Google Lakukan Scan Satu Juta Pustaka Buku Universitas

Demi ketersediaan pustaka buku digitalnya, pihak Google yang menjalin kerjasama dengan sebuah Committee on Institutional Cooperation (CIC) yang menaungi pustaka universitas dan beranggotakan beberapa perwakilan universitas besar di Amerika Serikat, dikabarkan baru saja telah berhasil melakukan scan terhadap satu juta pustaka buku universitas yang selanjutnya dibuatkan bentuk digitalnya agar dapat dengan mudah tersedia dan diakses oleh semua orang di dunia.
Dengan keberhasilan tersebut, seakan telah menjadi tonggak terpenting dari apa yang pihak Google telah lakukan selama ini. Dan ini yang jelas telah sesuai dengan tujuan dan strategi Google untuk menjadikannya sebagai salah satu sumber pustaka ilmu pengetahuan dunia.
Seperti yang diketahui bersama, pihak Google sendiri telah berupaya keras untuk membuat salinan digital yang berasal dari setiap buku di dunia. Dan untuk mewujudkan dan menyukseskannya, pihak Google telah melakukan mitra kerjasama dengan berbagai kalangan penerbit, perpustakaan dan kini pihak perguruan tinggi. Sejauh ini kabarnya Google telah berhasil melakukan scan terhadap jutaan buku dan perjalanan panjang di depan pun tampaknya telah siap menanti.
“Hari ini Kami merayakan tonggak penting dimana baru saja Google telah berhasil mendigitalkan satu juta buku dari perpustakaan anggota Komite Kerjasama Institusional (CIC),” Ungkap Kim Armstrong, wakil direktur Pusat Perpustakaan Inisiatif untuk Komite Kerjasama Kelembagaan.
CIC sendiri merupakan konsorsium dari Sepuluh anggota universitas besar dan Universitas Chicago.
Masing-masing isi buku telah dilakukan scan, diterjemahkan dari gambar ke teks dengan teknologi Optical Character Recognition (OCR) dan juga telah ditambahkan ke Google Books index. Setelah dibuat digitalnya, buku-buku yang ada kemudian dikirim kembali ke perpustakaan asalnya untuk ditempatkan ke rak masing-masing.
Kemitraan yang lebih jauh antara Google dan CIC merupakan sebuah langkah awal dalam hal ini. Keduanya akan terus menjalin kemitraan untuk melakukan scan sekitar 10 juta buku dari perpustakaan universitas yang ada, dari jumlah keseluruhan yang ingin discan mendekati 85 juta.
Hasil scan buku kini telah tersedia di Google Books. Dan semua universitas telah menerima salinan dari versi digitalnya dan beberapa diantaranya bahkan telah membuatnya tersedia sendiri.
Sampai saat ini Google telah berhasil memindai lebih dari 15 juta buku yang kini tersedia di Google Books, meskipun tidak semua secara penuh. Beberapa buku, masih di bawah hak cipta hanya dicari di dalam Buku dan mesin pencari Google itu sendiri, tetapi tidak tersedia untuk dilihat secara penuh di Google.
Sumber : http://teknopologi.wordpress.com/2011/02/08/google-lakukan-scan-satu-juta-pustaka-buku-universitas/




0 comments:

Posting Komentar