Minggu, 06 Februari 2011

Filled Under:

Inilah Teks Pidato Presiden Mubarak Dalam Bahasa Indonesia

Teks Pidato Presiden Hosni Mubarak
Revolusi Mesir - Pidato Presiden Hosni Mubarak yang bertujuan menenangkan massa demonstran, malah semakin memanas. Massa yang berkumpul di alun-alun Tahrir tidak puas karena yang mereka inginkan adalah turunnya Husni Mubarak.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mubarak menyatakan dirinya akan tetap menjabat sebagai presiden hingga September 2011 saat pemilu digelar di negeri itu. Dia juga menyatakan tak akan mencalonkan diri lagi.

Sumber yang dekat dengan Gedung Putih menyatakan, pidato Mubarak dilakukan tak lama setelah menerima pesan pribadi Presiden AS Barack Obama.

Berikut petikan teks pidato Presiden Hosni Mubarak

"Saya berbicara dengan anda selama masa krisis yang sedang menguji Mesir dan orang-orangnya yang dapat meembawanya ke arah ke yang tidak diketahui.

Negara ini melewati masa sulit dan pengalaman keras yang dimulai dengan pemuda dan warga yang melakukan hak mereka untuk demonstrasi dan protes secara damai, menyatakan keprihatinan dan aspirasi mereka. Tetapi mereka cepat dieksploitasi oleh orang-orang yang berusaha untuk menyebarkan kekacauan dan kekerasan, konfrontasi dan melanggar legitimasi konstitusional, dan untuk menyerangnya.

Protes mereka telah berubah dari sebuah fenomena yang mulia dan beradab sebagai praktik kebebasan ekspresi menjadi bentrokan, dimobilisasi dan dikendalikan oleh kekuatan politik yang ingin meningkat dan memperburuk situasi.

Mereka menyasar keamanan nasional dan stabilitas melalui tindakan provokasi, pencurian dan penjarahan, dan kebakaran. Juga memblokir jalan dan menyerang instalasi vital dan properti publik dan swasta dan menyerbu beberapa misi diplomatik.

Kita hidup bersama melalui hari-hari yang menyakitkan dan hal yang paling menyakitkan adalah ketakutan yang mempengaruhi sebagian besar rakyat dan kekhawatiran dan kegelisahan atas apa besok bisa membawa mereka dan keluarga mereka dan masa depan negara mereka.

Peristiwa beberapa hari terakhir ini mengharuskan kita semua sebagai manusia dan sebagai kepemimpinan untuk memilih antara kekacauan dan stabilitas dan untuk mengatur keadaan baru dan realitas baru. Rakyat dan angkatan bersenjata harus bekerja dengan bijaksana dan dalam kepentingan Mesir dan warga negaranya.

"Saudaraku dan seluruh rakyat, saya mengambil inisiatif membentuk pemerintahan baru dengan prioritas baru dan tugas yang menanggapi permintaan kaum muda kita dan misi mereka.

"Saya mempercayakan wakil presiden dengan tugas mengadakan dialog dengan semua kekuatan politik dan faksi tentang semua masalah yang telah diajukan mengenai reformasi politik dan demokrasi dan perubahan konstitusi dan legislatif. (Ini) diperlukan untuk mewujudkan tuntutan-tuntutan yang sah dan untuk memulihkan hukum dan pesanan.

Tapi ada beberapa kekuatan politik yang telah menolak panggilan ini untuk dialog, menempel agenda khusus mereka tanpa memperhatikan keadaan Mesir dan rakyatnya.

Mereka menolak panggilan untuk dialog. Saya langsung pidato kepada rakyat, yang Muslim dan Kristen, tua dan muda, petani dan buruh, dan semua orang Mesir dan perempuan di pedesaan dan kota seluruh negeri.

Saya tidak pernah, tidak pernah mencari kekuasaan dan orang-orang mengetahui situasi sulit yang saya pikul dan tanggung jawab saya dan apa yang saya ditawarkan negeri ini dalam perang dan perdamaian. Sama seperti mereka yang di angkatan bersenjata, saya mengkhianati kepercayaan atau melepaskan tanggung jawab dan tugas saya.

Tanggung jawab utama saya sekarang adalah keamanan dan kemandirian bangsa untuk memastikan transfer damai kekuasaan dalam keadaan yang melindungi rakyat Mesir dan memungkinkan menyerahkan tanggung jawab untuk siapapun orang memilih dalam pemilihan presiden mendatang.

Jujur saya katakan, terlepas dari situasi saat ini, saya tidak berniat untuk mencalonkan diri untuk jabatan presiden baru. Saya telah menghabiskan bertahun-tahun yang cukup dalam hidup saya untuk melayani Mesir dan rakyatnya.

Saya sekarang benar-benar bertekad untuk menyelesaikan pekerjaan saya untuk bangsa dengan cara memastikan serah terima yang aman, melestarikan legitimasinya, dan menghormati konstitusi.

Saya akan bekerja pada bulan-bulan sisa masa jabatan saya untuk mengambil langkah-langkah untuk memastikan transfer damai kekuasaan.Saya akan mengajak parlemen untuk membahas amandemen Pasal 76 dan 77 dari konstitusi tentang kewenangan presiden republik dan konfigurasi spesifik suatu periode untuk jabatan presiden...

Saya akan mempercayakan pemerintahan baru untuk melakukan cara-cara yang akan mencapai hak-hak sah rakyat dan yang kinerjanya harus menyatakan orang-orang dan aspirasi mereka reformasi politik, sosial dan ekonomi dan untuk memungkinkan kesempatan kerja dan memerangi kemiskinan, mewujudkan keadilan sosial .

Dalam konteks ini, saya minta aparat kepolisian untuk melaksanakan tugasnya dalam melayani masyarakat, melindungi warga dengan integritas dan kehormatan, dan tetap menjamin kebebasan, hak-hak, dan martabat rakyat.

Saya juga menuntut kekuasaan kehakiman dan pengawasan untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk terus mengejar penjahat dan untuk menyelidiki mereka yang menyebabkan kekacauan keamanan dan mereka yang melakukan tindakan pencurian, penjarahan dan pembakaran dan meneror warga.

Ini adalah janji saya kepada rakyat selama bulan-bulan tersisa masa saya saat ini.

Aku meminta kepada Tuhan untuk membantu saya untuk menghormati janji untuk menyelesaikan tugas saya di Mesir.

Saudaraku rakyat Mesir, Mesir akan keluar dari situasi saat ini dan menjadi lebih kuat, lebih percaya diri dan bersatu, dan stabil. Dan orang-orang kita akan muncul dengan kesadaran yang lebih tentang bagaimana untuk mencapai rekonsiliasi dan menjadi lebih bertekad untuk tidak merusak masa depan dan takdir.

Hosni Mubarak yang berbicara kepada Anda hari ini adalah dengan bangga, telah menghabiskan puluhan tahun untuk melayani Mesir dan rakyatnya. Bangsa tercinta, ini adalah negara saya, itu adalah negara dari semua orang Mesir, di sini saya telah hidup dan berjuang demi membela tanah, kedaulatan, dan kepentingan atas tanah ini. Dan saya akan mati di sini, dan sejarah akan menghakimi saya untuk manfaat dan kesalahan
.

Sumber : http://www.poetra-anoegrah.co.cc/2011/02/revolusi-mesir-teks-pidato-presiden.html






0 comments:

Posting Komentar